Daftar Menu

20 Agustus 2009

Awas... Terlalu Lama Di Depan Komputer...!!!


Berjam-jam di depan komputer...
Bekerja maupun suka-suka...
Ternyata dapat mengakibatkan kelainan tulang belakang (apalagi bagi yg masih dalam masa pertumbuhan). Ini akan lebih parah lagi bagi yg pakai komputer di kos-kosan yg biasanya nota bene dalam posisi lesehan. Otot perut tertekuk, tulang belakang bengkok.
Kalau keseringan bisa jadi postur tubuh seperti orang-orang dari suku Bajo.
Suku Bajo adalah suku air yang tersebar di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tengara Barat, Bali, Makassar sampai di Papua. Mereka adalah orang pelaut yang tidak bisa hidup di daerah gunung. Bajo identik dengan air laut, perahu, dan permukiman di atas air laut. Nahh... dikarenakan aktivitas mereka yg selalu diatas perahu yg sempit dan berukuran rendah, mereka umumnya memiliki postur tubuh yg pendek. Kalau mau tau lebih banyak search aja di google...
Kita tahu bahwa tubuh mesti aktif bergerak agar organ tubuh kita dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Jadi olahraga sesekali juga bagus untuk mengimbangi rutinitas kerja yg lebih banyak melibatkan kinerja otak daripada otot.
Komunikasi melalui dunia maya juga bisa mengurangi kualitas hubungan sosial. Komunikasi verbal dengan orang lain menjadi berkurang. Akibatnya sensitifitas terhadap lingkungan (sense of environment) menjadi rendah.
Tahu sendiri kan... kalau ketemu langsung kita bisa mengekspresikan emosi dengan lebih bebas dan lebih dimengerti oleh lawan bicara. Respon yg kita dapatkan pun akan lebih memuaskan.
Nahhh... bagi teman-teman yg udah addict dengan komputer dalam keseharian (dengan alasan apapun) tetaplah menjaga kesehatan. Jangan sampai seperti yg udah saya uraikan tadi.
Kalau cuma untuk e-mail, Facebook, dan YM-an...mending pilih yg mobile aja deh...Selain lebih praktis juga bisa update 24 jam kan...???
Bagi saya sih kesehatan sangatlah berharga...
Untuk menghilangkan stress karena kerjaan ya saya biasanya online...
Duduk lesehan atau tengkurap didepan notebook...
Sambil nonton TV...
Nahh...Lho...???
)((**&&%^$%$@#!%^*&(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar