Daftar Menu

07 Agustus 2009

Hidup Sehat Dengan Asap


Tidak ada gunanya sekarang untuk saling tuding lagi siapa yang bertanggung jawab atas asap yang mengotori udara Kal-Bar. Bulan-bulan sakarang ini merupakan agenda tahunan di kota ini (Pontianak.red) selalu diselimuti kabut asap. Saling tuding asap merupakan kiriman dari daerah lain, asap merupakan hasil karya petani tradisional yang belum tahu menjaga alam, asap merupakan dampak dari pembukaan lahan perkebunan (sawit, dsb) dengan cara pembakaran, tidak akan menyelesaikan masalah.


Darimana asal asap? Asap merupakan persenyawaan Karbon dengan unsur lainnya yang sangat tidak baik untuk pernapasan. Untuk bernapas manusia memerlukan Oksigen dengan kadar yang tinggi di udara. Apabila udara di sekitar kita sudah dicemari oleh persenyawaan Karbon yang terdapat pada asap tadi maka organ-organ sistem pernapasan akan mengalami gangguan kerja. Hal ini jelas saja akan berdampak juga terhadap sistem tubuh lainnya, sehingga manusia bisa jatuh sakit. Kadar Karbon yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan warna darah lebih gelap, lebih kental, dan peredarannya lambat. dampak yang dirasakan adalah pusing, mual, dan demam. Batuk dan flu merupakan gejala awal yang perlu segera diantisipasi.


Menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah cara terbaik yang harus dilakukan saat ini. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran telah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa jenis buah dan sayuran mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas seperti yang banyak terdapat dalam kabu asap. Pisang, semangka, dan jeruk berada pada posisi teratas dalam daftar buah-buahan tersebut. Untuk sayuran disarankan untuk mengkonsumsi yang banyak mengandung Nitrogen, Zat Besi, dan Betakaroten yang sangat baik untuk regenerasi sel. Bisa didapatkan pada sayuran sawi-sawian, kacang-kacangan, bayam, dan wortel.


Hal diatas adalah cara pencegahan dari dalam, yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Cara penanggulangan dari luar yang sangat dianjurkan adalah penggunaan masker. Masker berfungsi sebagai filter bagi udara yang kita hirup. Ingat, jangan biasakan menghirup udara melalui mulut! Karena mulut tidak sama dengan hidung yang dilengkapi dengan rambut-rambut halus dan kelenjar mukus yang berfungsi menyaring udara. Nah, kalau kita memakai masker berarti kita melakukan penyaringan udara ganda sebelum disaring di hidung dan tentunya lagi di laring.Hindari bepergian malam hari. Kalau tidak karena urusan yang sangat penting, misalnya bekerja, sebaiknya jangan keluar rumah pada malam hari. Kadar Karbon di udara malam hari pada cuaca normalsudah sangat tinggi untuk daerah perkotaan. Apalagi dengan adanya kabut asap ini, so sudah pasti menjadi sangat tidak baik untuk kesehatan.


Saat sekarang ini ada beberapa keuntungan dengan menggunakan masker:

1. Mencegah terhirupnya kabut asap

2. Mencegah terinfeksi dari virus flu babi (H1N1)

3. Mencegah terinfeksi dari virus flu burung (H5N1)


Jadi sekarang yang harus kita lakukan daripada mengutuki orang-orang yang tentunya tidak membaca note ini adalah menjaga kesehatan masing-masing dengan tips-tips diatas.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar